HOME I D-POST I INTERNATIONAL I INDONESIA I BALI I BADUNG I KUTSEL I UNGASAN I COMPUTER I ENGLISH I EXCATA I KULINER I TORPEDO
IPTEK I AUTOMOTIVE I NEWS I POLITIK I ARJAWA I DESIGN I PRODUKSI I SELEBRITI I KESEHATAN I SPORT I FASHION I BOLA I KIDS I SEKSI MEMBALUR LIDAH DENGAN RANGSANGAN IMAGINASI PEMBERITAAN YANG AKURAT, SEOLAH MASUK DALAM WISATA KENYAMAN RASA YANG ABADI

Pizza Unik Ini Berbentuk seperti Cone Es Krim

Jakarta - Roti berbentuk bundar dengan keju mozzarella dan aneka topping gurih disebut pizza Baca Lagi ...

Wagyu Beef Plus Angel Hair Mak Nyuss!

akarta - Restoran yang masih terbilang gress ini cocok bagi para penggemar steak. Daging wagyu yang jadi Baca Lagi ...

Lezatnya Sensasi Seafood di Pinggir Laut

Di resto yang satu ini Anda bisa menikmati seafood segar dan hembusan angin pantai yang Baca Lagi ...

Soto Branggahan, Dua Mangkuk Baru Kenyang...

KEDIRI - Soto Branggahan, begitulah masyarakat menyebutnya. Masakan berkuah isi daging ayam dengan Baca Lagi ...

Ketagihan Asem-Asem Iga dari Solo!

Jika Anda penggemar hidangan Jawa, restoran yang satu ini bakal cocok dengan lidah Anda. Ada berbagai Baca Lagi ...

Polllllll......Tahu Campur Arek Suroboyo

Jumat, 27/05/2011 06:19 WIB
Jakarta - Sajian tahu campur yang pedas menggigit ini bisa jadi pengobat rindu kuliner Surabaya. Potongan tahu goreng, selada, daging, dan tauge disiram kuah panas dan pedas bisa bikin nagih rasanya. Jangan lupa cicipi juga tahu thek dan tahu telurnya yang sedep poll!

Sudah lama saya mendpaat rekomendasi warung tahu campur yang enak dan wajib dicoba ini. Wah, karena belakangan saya selalu terbayang tahu cmapur, rujak cingur dan soto Ambengan maka sore itu jadilah saya sambangi warung ini.

Lokasi ini biasa disebut Jejeran Warten Trakindo, karena lokasinya persis di
depan gedung Trakindo yang ada di perempatan Cilandak. Ada belasan warung tenda berderet, mulai dari pecel lele, nasi goreng, bubur, termasuk tahu campur. Warung tenda tahu campur ini satu-satunya di sini. Jadi tidak sulit menemukannya.

Tenda sederhana ini berisi meja kayu panjang berbentuk 'U' yang ditengahnya terdapat sebuah pikulan tempat meracik tahu campur. Meskipun terbilang warung sederhana, namun pengunjung yang datang terus mengalir. Bahkan saya harus sedikit bersabar untuk bisa duduk. Tidak sedikit juga orang yang membeli tahu campur untuk dibawa pulang.

Seorang pelayan yang datang langsung mencatat pesanan. Tahu campur, tahu thek dan juga tahu telur langsung dipesan untuk kami bertiga. Seorang bapak bertubuh sedikit gemuk dengan cekatan meracikkan bumbu tahu campur. Tak perlu menunggu lama, seporsi tahu campur pun langsung siap untuk disantap.

Isinya cukup komplet, mulai dari potongan tahu goreng, mi kuning, tauge, potongan selada, lontong, dan j lento alias perkedel singkong. Tahunya gurih lembut, begitu juga dengan lentonya. Potongan lontong yang kenyal empuk ini makin enak disantap dengan kuahnya yang berwarna kecokelatan dengan rasa petis yang kuat.

Ternyata, kuah tahu campur memiliki aksen rasa pedas yang dahsyat! Jadi kalau kurang suka dengan rasa pedas menggigit, sebaiknya beritahu penjual yang meraciknya agar sambalnya dikurangi. Kuah kaldu tahu campur ini merupakan kuah daging yang diberi bumbu bawang cukup royal dengan warna kecokelatan. Rasa gurihnya kuat dan menyatu sempurna dengan daging yang empuk dirasuki bumbu.

Jika tahu campur disajikan dengan kuah, tahu thek dan tahu telur sedikit berbeda. Sambal kacang berwarna cokelat kehitaman disiram dibagian atasnya sehingga menutupi seluruh permukaannya. Untuk tahu telur, potongan tahu putih didadar bersama dengan telur dan dimakan bersama dengan potongan lontong.

Sedangkan tahu thek, terdiri dari potongan tahu goreng, lontong, dan taburan tauge cambah. Tak ketinggalan saus kacang yang sudah berbalut petis udang jadi toppingnya. Tahu thek dan tahu telur rasanya serupa, sambal kacangnya pedas menggigit, petis udangnya sangat terasa gurih-gurih enak. Waduh, uenake poll!

Ah, ketiga makanan khas Surabaya tadi benar-benar jadi pengobat rindu akan kampung halaman. Untuk seporsi tahu campur dan tahu telur saya cukup membayar Rp 11.000 satu porsinya. Sedangkan untuk tahu thek Rp 10.000. Hmm..cukup murah bukan jika dibandingkan harus terbang ke Surabaya? Ayo rek mampir, nahu campur disik!

Tahu Campur
Warten Trakindo, Cilandak
Jakarta Selatan

Dre@ming Post______
sumber : detik

Berita Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar