HOME I D-POST I INTERNATIONAL I INDONESIA I BALI I BADUNG I KUTSEL I UNGASAN I COMPUTER I ENGLISH I EXCATA I KULINER I TORPEDO
IPTEK I AUTOMOTIVE I NEWS I POLITIK I ARJAWA I DESIGN I PRODUKSI I SELEBRITI I KESEHATAN I SPORT I FASHION I BOLA I KIDS I SEKSI MEMBALUR LIDAH DENGAN RANGSANGAN IMAGINASI PEMBERITAAN YANG AKURAT, SEOLAH MASUK DALAM WISATA KENYAMAN RASA YANG ABADI

Pizza Unik Ini Berbentuk seperti Cone Es Krim

Jakarta - Roti berbentuk bundar dengan keju mozzarella dan aneka topping gurih disebut pizza Baca Lagi ...

Wagyu Beef Plus Angel Hair Mak Nyuss!

akarta - Restoran yang masih terbilang gress ini cocok bagi para penggemar steak. Daging wagyu yang jadi Baca Lagi ...

Lezatnya Sensasi Seafood di Pinggir Laut

Di resto yang satu ini Anda bisa menikmati seafood segar dan hembusan angin pantai yang Baca Lagi ...

Soto Branggahan, Dua Mangkuk Baru Kenyang...

KEDIRI - Soto Branggahan, begitulah masyarakat menyebutnya. Masakan berkuah isi daging ayam dengan Baca Lagi ...

Ketagihan Asem-Asem Iga dari Solo!

Jika Anda penggemar hidangan Jawa, restoran yang satu ini bakal cocok dengan lidah Anda. Ada berbagai Baca Lagi ...

Pallumara: Kepala Ikan Berkuah Segar

Rabu, 08/06/2011 14:39 WIB
Jakarta - Harga irit, rasa selangit. Gedungnya elit, bayarnya ‘dikit. Hehehe, begitulah slogan rumah makan ini. Dulunya, Ulu Juku’ berlokasi di sebuah rumah makan sederhana di Jalan Abdullah Daeng Sirua, dengan sebuah cabang lain di Jalan Pettarani.

Sekarang, rumah makan ini berkolaborasi dengan RM Angkasa Nikmat di sebuah bangunan besar, modern, dan luas berlantai tiga. Lantai paling atas ditempati oleh RM Angkasa Nikmat dengan fine-dining setting, sedangkan lantai-lantai lainnya digunakan oleh RM Ulu Juku’ dan Roti Daeng. Tentu saja, karena sudah punya nama beken, RM Ulu Juku’ selalu yang paling ramai dikunjungi
tamu.

Dalam bahasa Makassar, ulu juku’ berarti kepala ikan. Sedangkan pallumara mengacu pada makanan berkuah. Kuahnya encer, berwarna kekuningan. Pallumara adalah masakan khas Makassar – artinya: bukan masakan khas Bugis, Pangkep, atau daerah-daerah Sulawesi Selatan lainnya. Sekalipun juga jamak disajikan dengan potongan daging ikan beserta tulangnya, tetapi yang paling populer adalah yang dibuat dari kepala ikan – khususnya kepala ikan kakap merah ukuran besar. Lemak dan tulang muda di bagian kepala ikan itu mengakibatkan kuah encernya menjadi sedikit lengket-lengket.

Teriknya cuaca di Makassar membuat pallumara sangat tepat disantap di tengah hari. Kesegarannya – karena rasa asam yang dihadirkan oleh tomat dan asam jawa – sangat melegakan. Hint rasa gurihnya yang tipis cantik diperoleh dari kemiri. Karena tidak dimasak dengan santan, kuahnya terasa ringan, segar, dan nyaman untuk mendinginkan suhu tubuh. Penggunaan serai dan daun kunyit pun membuat sajian ini semerbak harum.

Dibanding dengan masakan-masakan gurih khas Makassar dan Bugis – seperti coto, konro, dan pallubasa – pallumara lebih mudah disukai segala usia. Bila ingin pedas, tinggal menambahkan sambal – khususnya sambal mangga – yang membuatnya lebih mengesankan.

Kepala ikan kakap yang dimasak pun ikut mengayakan nuansa kaldu ikan dalam kuah segar ini. Di samping itu, tingkat keempukan daging ikan berlemak di antara tulang-tulang kepala ikan membuatnya sangat asyik “dipreteli” dengan jari-jari tangan, dan kemudian diisap-isap bumbunya yang sudah melekat. Mak nyuss!

Seporsi pallumara kepala kakap dibandrol Rp 29.500. Selain signature dish ini, juga tersedia gulai kepala kakap seharga Rp 31.500. Entah kenapa rumah makan ini memakai strategi harga seperti itu. Beda Rp 2 ribu karena gulainya bersantan lebih kental? Gulai ikan ini juga bermutu unggulan.

Sajian lain yang tidak boleh dilewatkan adalah kepala ikan goreng seharga Rp 29.750. Lagi-lagi strategi harga yang unik. Ikan goreng ini disajikan dengan kremesan yang gurih. Ada pula sate ikan dari daging ikan kakap. Para pelanggan RM Ulu Juku’ selalu mengatakan sajian ini sebagai sate ikan rasa ayam. Maklum, daging ikan kakap yang padat dan cara bakar yang bagus itu memang sering mengecoh tamunya seolah-olah yang disantap adalah sate ayam.

Bagi penggemar bandeng (ikan bolu dalam dialek setempat), di rumah makan ini juga tersedia bandeng tanpa duri yang dimasak dalam kuah segar pallumara. Duri halus bandeng sudah dicabut, sehingga dapat disantap dengan mudah. (Bondan Winarno)

Ulu Juku’
Angkasa Nikmat
Jl. Racing Center 99 A
Makassar
0411 421414

Dre@ming Post______
sumber : detik

Berita Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar