HOME I D-POST I INTERNATIONAL I INDONESIA I BALI I BADUNG I KUTSEL I UNGASAN I COMPUTER I ENGLISH I EXCATA I KULINER I TORPEDO
IPTEK I AUTOMOTIVE I NEWS I POLITIK I ARJAWA I DESIGN I PRODUKSI I SELEBRITI I KESEHATAN I SPORT I FASHION I BOLA I KIDS I SEKSI MEMBALUR LIDAH DENGAN RANGSANGAN IMAGINASI PEMBERITAAN YANG AKURAT, SEOLAH MASUK DALAM WISATA KENYAMAN RASA YANG ABADI

Pizza Unik Ini Berbentuk seperti Cone Es Krim

Jakarta - Roti berbentuk bundar dengan keju mozzarella dan aneka topping gurih disebut pizza Baca Lagi ...

Wagyu Beef Plus Angel Hair Mak Nyuss!

akarta - Restoran yang masih terbilang gress ini cocok bagi para penggemar steak. Daging wagyu yang jadi Baca Lagi ...

Lezatnya Sensasi Seafood di Pinggir Laut

Di resto yang satu ini Anda bisa menikmati seafood segar dan hembusan angin pantai yang Baca Lagi ...

Soto Branggahan, Dua Mangkuk Baru Kenyang...

KEDIRI - Soto Branggahan, begitulah masyarakat menyebutnya. Masakan berkuah isi daging ayam dengan Baca Lagi ...

Ketagihan Asem-Asem Iga dari Solo!

Jika Anda penggemar hidangan Jawa, restoran yang satu ini bakal cocok dengan lidah Anda. Ada berbagai Baca Lagi ...

Restoran di Kamar Tamu Rumah Dokter

Rabu, 27/04/2011 11:28 WIB

Tangerang - Beginilah kalau istri dokter punya hobi masak. Rumah kediaman dokter bukan untuk praktik suami, malahan jadi ajang sang istri meng-aktualisasi-kan diri sebagai koki andal. Hari Senin-Sabtu, dari pukul 11 pagi hingga 21 malam - sementara sang suami menjalankan profesi sebagai dokter - sang istri membuka ruang tamu rumahnya untuk menerima orang-orang yang ingin mencicipi masakannya. Hari Minggu sepenuhnya dinikmati pasangan suami-istri ini untuk urusan ibadah dan keluarga, dan "warung" pun ditutup.

Rumah makan ini menyajikan hidangan laut, dengan kepiting sebagai andalan. Konon, pada awalnya ibu dokter dibantu oleh seorang pembantu yang pernah bekerja di sebuah rumah makan kepiting yang terkenal. Tetapi, ibu dokter punya resep sendiri untuk memikat lidah para tamunya. Sekarang sudah ada delapan resep khusus kepiting olahan Aloha: lada hitam, saus padang, spesial Aloha, masak cabai, asam manis, saus tiram, goreng telur, dan tauco pedas.

Tergantung ukuran kepitingnya, seporsi dihargai antara Rp 70-100 ribu. Ibu dokter sengaja memilih kepiting jantan yang lebih berdaging untuk semua masakannya.

Para tamu Aloha biasanya memesan kepiting lada hitam yang memang merupakan masakan andalan di sini. Tetapi, karena masakan ini saya anggap terlalu umum, saya pun memesan kepiting goreng telur. Masakan ini tidak pernah saya jumpai sebelumnya di tempat lain. Biasanya, ada kepiting masak telur asin yang sudah beberapa kali saya coba.

Kepiting berukuran sekitar 600 gram digoreng polos. Di wajan yang lain, bumbu-bumbu ditumis, dan sebutir telur ayam dipecahkan lalu diorak-arik. Potongan kepiting goreng kemudian dimasukkan ke dalam masakan telur ini. Hasilnya adalah masakan kepiting yang sungguh sangat khas.

Harum telur dan bumbu-bumbunya menguar cantik dari masakan yang tersaji. Ukuran kepitingnya juga menjamin daging kepiting yang lembut dan manis. Top markotop!

Saran saya: stick to the kepiting. Semua masakan kepitingnya patoet dipoedjiken. Teman saya, seorang dokter yang tinggal di Tangerang, sudah lebih dari 20 kali singgah ke Aloha sejak dibuka setahun yang lalu. Kalaupun ingin masakan udang, pesanlah udang pancet berukuran besar. Saya sempat mencoba udang peci goreng tepung dicocol mayones. Karena harganya hanya Rp 25 seporsi, wajarlah bila udangnya berukuran kecil dan kurang mantap.

Selain kepiting, dan kepiting soka, ada masakan udang, cumi-cumi, dan kerang dara. Khusus untuk hari Sabtu juga tersedia gurame dan tahu kipas. Kangkung blacan merupakan sajian wajib untuk mendampingi masakan kepiting pesanan Anda. Juga ada tumis kangkung polos atau tauco. 

OK, siap menjadi tamu khusus ibu dokter? Nggak disuntik, kok. Malah bakal tersenyum puas kekenyangan. Aloha, hele mai a'i mari, sini makan.

sumber : detik

Berita Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar